iklan

Tahukah Anda Dengan Tradisi Pengantin Sahur?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Tradisi Pengantin Sahur
Masyarakat Indonesia dikenal begitu kreatif dalam berbagai hal. Salah satunya adalah saat membangunkan sahur di bulan Ramadan. Mulai dari membunyikan kentongan keliling kampung, hingga satu kegiatan bernama pengantin sahur.

Tentu Anda bertanya-tanya, apa kaitannya pengantin dengan sahur. Pengantin sahur merupakan pesta adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, yang bertujuan membangunkan warga untuk sahur.

Dilansir dari kapanlagi.com kegiatan ini dilaksanakan menjelang waktu sahur, yaitu pukul 1 hingga 3 dini hari. Selayaknya pengantin sungguhan, pasangan "mempelai" dalam tradisi ini juga dirias dan menggunakan busana pengantin.

Ada satu hal unik dalam kegiatan tersebut, yakni kedua mempelai yang dijadikan pengantin adalah laki-laki. Namun, salah satunya dirias sebagai perempuan. Selesai persiapan, pengantin kemudian diarak mengelilingi kampung. Arak-arakan biasa diiringi dengan lagu bernuansa islami.

Selama arak-arakan pengantin sahur, tak ada warga yang menegur atau melarang. Sebab tradisi ini memang dirasa ampuh untuk membangunkan sahur. Tak sedikit pula warga yang memilih untuk bergabung dalam keramaian, sebelum makan sahur.

Kini tradisi pengantin sahur mulai luntur. Dulu digelar hampir setiap malam di bulan Ramadan, kini hanya dilakukan setiap akhir pekan.

Sumber : otonomi.co.id
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Tahukah Anda Dengan Tradisi Pengantin Sahur?"

Posting Komentar