iklan

Walau Termasuk Negara Otoriter Ternyata Korea Utara Juga Melaksanakan Pemilu Loh, Ini Faktanya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Korut punya pemilu. Kalimat tersebut mungkin terdengar seperti bercandaan. Bukan tanpa sebab. Pasalnya, Korut dikuasai Kim Jong-un dan keluarganya yang memerintah di negara tersebut secara otoriter.

Namun, nyatanya Korut menjalankan pemilu dan memiliki perangkat pelaksananya seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU). Terakhir kali, Korut menyelenggarakan pemungutan suara pada 9 Maret 2014 lalu.

Hasil pemilu ini begitu spektakuler. Kim Jong-un meraih suara 100 persen. Tidak ada yang tak memilih putra dari Kim Jong-il itu. Sistem pemilu di Korut sangat unik. Warga Korut diharuskan memilih kandidat legislator untuk duduk di Majelis Rakyat Korut.

Tapi, di setiap distrik, pemerintah Korut hanya mengizinkan satu kandidat saja yang boleh maju sebagai legislator. Kandidat itu pun merupakan orang yang ditunjuk langsung oleh Kim Jong-un. Rakyat Korut diberikan opsi ya atau tidak terhadap legislator itu. Walau ada pemilu pada 2014 lalu, seluruh warga memilih ya. Ini berarti kemenangan mutlak bagi Kim Jong-un.

Sumber: Liputan 6
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Walau Termasuk Negara Otoriter Ternyata Korea Utara Juga Melaksanakan Pemilu Loh, Ini Faktanya"

Posting Komentar