iklan

Tahukah Anda Asal Usul Bendera Putih Digunakan Sebagai Tanda Menyerah?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Bendera Putih Tanda Menyerah
Apa yang terpikirkan jika kamu melihat bendera putih? Isyarat tanda menyerah bukan? Lantas, apa kamu pernah berpikir, kenapa bendera putih yang dijadikan isyarat menyerah, kenapa bukan warna yang lain?

Dilansir Ask History, sebenarnya bendera putih telah digunakan sebagai simbol menyerah selama ribuan tahun. Livy, seorang penulis sejarah Romawi menggambarkan sebuah kapal Carthaginian yang berhiaskan wol putih dan cabang-cabang zaitun, digunakan sebagai simbol perundingan pada masa perang dunia kedua.

Lainnya, Tacitus menuliskan jika bendera putih dipakai sebagai simbol menyerah pasukan Vitellian pada pertempuran kedua Cremona. Bendera putih juga muncul di China, tepatnya pada masa pemerintahan dinasti Han. Putih dikaitkan sebagai warna berkabung di China, dan bendera putih diibaratkan sebagai tanda berkabung atas kekalahan.

Kemudian bendera putih ini muncul dan dikenal di dunia barat, khususnya saat perang-perang terjadi di beberapa daerah. Dari situlah akhirnya bendera putih mendapatkan 'pengakuan internasional' sebagai tanda untuk menyerah, gencatan senjata dan melakukan negosiasi.

Pembawa berita pada abad pertengahan juga membawa tongkat dengan bendera putih di atasnya, sebagai pembeda antara mereka dengan pejuang. Tentara sipil dulunya juga melambaikan bendera putih sebelum mengumpulkan kawan-kawannya yang terluka.

Bendera putih dan artinya lalu dikodifikasikan dalam Konvensi Jenewa dan Den Haag pada abad ke-19 dan 20. Konvensi ini juga menyepakati pelarangan tentara untuk menggunakan bendera putih sebagai siasat licik untuk menyerang musuh.

Sumber : kapanlagi.com
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Tahukah Anda Asal Usul Bendera Putih Digunakan Sebagai Tanda Menyerah?"

Posting Komentar